Kamis, 18 Mei 2017

Keuntungan Deposito Syariah di Bank Syariah Mandiri

Bank syariah sudah menjamur di negeri ini. Hal ini tak terlepas dari banyak keuntungan perbankan syariah menyerupai pangsa pasar yang luas, halal, menguntungkan, tahan krisis ekonomi dan moneter dll. Sehingga dikala ini bank sistem konvensional pun mulai ikut membuka bank sistem syariah. Seperti Bank Mega Syariah, BRI Syariah, BNI Syariah, Permata Bank Syariah, Pegadaian Syariah dan lain sebagainya.

Deposito Syariah Terbaik Tahun Ini
Lalu produk apa saja yang ditawarkan di bank syariah? Sama menyerupai bank konvensional namun produk bank syariah lebih beragam dan dinilai halal menyerupai tabungan syariah, reksadana syariah, tabungan emas syariah, KPR syariah hingga deposito syariah. Untuk deposito syariah terbaik tahun ini ialah deposito di Bank syariah mampu bangun diatas kaki sendiri yang merupakan produk investasi yang disukai banyak orang. Sebab dipandang aman, return lebih besar dan dijalankan dengan ketentuan syariah. 

Anda tentu sudah tak abnormal lagi dengan Bank Syariah Mandiri. Bank bersistem syariah ini mudah dijumpai di banyak sekali kota dan tempat di Indonesia. Beragam akomodasi layanan perbankan diberikan baik itu berupa simpanan, investasi maupun pembiayaan usaha. Salah satu layanan yang diberikan oleh BSM ialah layanan deposito yang menunjukkan return lumayan besar.
deposito syariah, deposito syariah bank syariah mandiri, bank syariah mandiri, keuntungan deposito syariah, deposito BSM

Deposito uang di Bank Syariah banyak pilihan. Terkadang membuat penulis bingung. Bank syariah di Indonesia banyak jumlahnya menyerupai bsm, muamalat, bri syariah, bni syariah, dll belum ditambah lagi bpr syariah. Namun yang paling mudah ialah deposito di bank syariah mandiri. Persyaratan deposito di BSM, calon nasabah deposito harus memiliki rekening tabungan di Bank Syariah Mandiri. Hal ini berkhasiat untuk menyerahkan keuntungan bagi hasil deposito perbulan ke rekening nasabah secara transfer automatis.  

Investasi dalam produk deposito di Bank Syariah Mandiri bisa dilakukan oleh lembaga perusahaan maupun individu. Pembagian keuntungan dilakukan berdasarkan bagi hasil atau nisbah yang adil dan menguntungkan dengan kesepakatan mudharabah menyerupai 55 : 45. Nasabah sebagai pemilik dana yang menyerahkan uang kepada bank sebagai pengelola uang nasabah. Yang kemudian digunakan untuk membiayai sebuah perjuangan produktif dan halal.

Keuntungan Deposito Syariah di Bank Syariah Mandiri
Penulis pernah melaksanakan investasi di bank yang berlogo warna hijau ini. Berupa investasi deposito yang menguntungkan. Manfaat dari deposito syariah mampu bangun diatas kaki sendiri sangat banyak. Untuk mengetahui lebih lengkap tanpa panjang lebar, berikut ini sejumlah keuntungan deposito Bank Syariah Mandiri, antara lain:

▪ Harta Berkembang
Dengan berinvestasi deposito syariah mampu bangun diatas kaki sendiri dipastikan uang dan harta benda anda akan berkembang secara halal dan diridhai oleh Tuhan SWT. Sangat mudah menjalankan investasi secara tak halal. Tapi itu tidak akan membuat anda bahagia walau harta benda berkembang pesat. Dengan investasi deposito syariah di Bank Mandiri Syariah bukan hanya harta benda yang berkembang tapi hati juga bermetamorfosis baik dan tenteram dengan predikat qalbun salim atau hati yang selamat.   

▪ Uang tersimpan aman di bank
Anda jangan takut uang yang diinvestasikan dalam bentuk deposito di bank syariah mampu bangun diatas kaki sendiri akan hilang atau berkurang. Karena pihak BSM menunjukkan keamanan terhadap uang anda. Apalagi sistem perbankan syariah sekarang yang menunjukkan jaminan keamanan uang simpanan seratus persen melalui Lembaga Penjamin Simpanan disingkat LPS. Sehingga bila bank mengalami gulung tikar atau bangkrut, anda tak usah takut dan khawatir terhadap uang deposito di bank alasannya ialah dijamin diganti oleh LPS.

▪ Return Besar
Bagi hasil atau return dari deposito di Bank Syariah Mandiri lebih besar ketimbang return deposito muamalat dan bank lainnya. Namun berdasarkan pengalaman penulis, bagi hasil keuntungan deposito lebih kecil dibandingkan investasi dalam bentuk bisnis. Makara bila anda berilmu mengelola urusan ekonomi alangkah baik menggunakan uang bagi investasi bisnis. Bukannya investasi deposito yang keuntungannya tergerus kalah oleh arus inflasi

▪ Halal
Dalam setiap transaksi keuangan bagi umat Islam harus dipastikan kehalalannya. Untung bukan hanya di dunia tapi yang lebih penting ialah keuntungan di akhirat. Sehingga setiap transaksi keuangan dan ekonomi bagi umat islam harus halal. Salah satunya deposito syariah mandiri. Dari awal transaksi, proses pembiayaan perjuangan hingga pembagian bagi hasil atau nisbah dijalankan sesuai prinsip dan kaidah ekonomi dalam hukum Islam yaitu Al Qur’an dan Hadits.

Pendek kata, deposito di Bank Syariah Mandiri terbukti halal sesuai prinsip kaidah hukum islam. Uang nasabah disalurkan pada sektor perjuangan yang produktif dan halal yang tak bertentangan dengan hukum islam. Misalnya tak disalurkan pada perjuangan yang mengandung unsur riba, maisir, dll. Selain itu, deposito syariah mampu bangun diatas kaki sendiri menerapkan sistem bagi hasil yang halal bukan sistem bunga bank. Hal ini sesuai prinsip keadilan dan aturan ekonomi islam. 

▪ Jaminan akomodasi pembiayaan
Apabila suatu waktu anda memerlukan layanan perbankan pembiayaan perjuangan maka deposito syariah bisa dijadikan sebagai jaminan untuk akomodasi pembiayaan. Hal ini disamakan dengan surat berharga. Bank Syariah Mandiri akan merasa senang dengan anda meminjam uang kepada mereka. Karena anda memiliki jaminan berupa deposito syariah dan mengetahui perputaran arus keuangan di rekening bank anda. 

Pada suatu hari seorang teller bank syariah mampu bangun diatas kaki sendiri menawari penulis pinjaman modal perjuangan dengan jaminan surat deposito syariah di bank bersangkutan. Makara dengan melaksanakan investasi deposito di BSM ada kemudahan bagi anda yang memerlukan pinjaman modal usaha. Mereka akan menunjukkan pinjaman uang kepada anda dengan jaminan deposito. 

Deposito Syariah Paling Menguntungkan
Banyak orang di Indonesia dan umat Islam menganggap deposito di Bank Syariah mampu bangun diatas kaki sendiri lebih menguntungkan dibandingkan deposito di bank syariah lain. Untuk mengetahui lebih lengkap mengenai deposito di BSM maka teruslah membaca artikel ini.

Bank Mandiri Syariah dengan alamat website resmi www.syariahmandiri.co.id mempunyai moto terdepan, modern dan menenteramkan. Hal itu pula yang tercermin dalam layanan deposito syariah BSM. Adapun pengertian BSM deposito ialah suatu jenis investasi menguntungkan dalam bentuk mata uang rupiah yang berjangka dalam waktu tertentu bagi nasabah perorangan maupun lembaga menggunakan sistem mudharabah.

Fitur & Biaya Deposito BSM
Berikut ini ketentuan dan fitur biaya dari deposito Bank Syariah Mandiri, antara lain:

1. Biaya materai Rp 6000
2. Setoran uang untuk deposito paling sedikit 2 juta rupiah
3. Jangka waktu deposito bisa 1 bulan, 3 bulan, 6 bulan hingga satu tahun
4. Penarikan uang pokok deposito pada dikala jatuh tempo
5. Pembagian return atau keuntungan deposito diberikan perbulan ke rekening nasabah
6. Jika deposito diambil uang pokoknya padahal belum jatuh tempo maka nasabah didenda sebesar Rp 50 ribu atau 0,5 persen dari jumlah deposito

Syarat Membuka Deposito Bank Syariah Mandiri
Pada dasarnya hampir sama di semua bank syariah mengenai tata cara dan syarat investasi deposito syariah. Berikut ini syarat dalam membuka investasi deposito di Bank Syariah Mandiri, antara lain :

▪ Perorangan
Jika investasi deposito dilakukan secara perorangan maka syarat yang dibutuhkan meliputi fotocopy KTP/SIM maupun paspor pemohon.

▪ Perusahaan
Apabila investasi deposito secara lembaga maka persyaratan yang diharapkan ialah fotocopy KTP atau SIM pengurus, melampirkan Anggaran Dasar Perusahaan, Akte Pendirian dan Pengesahan Perusahaan dan Surat Keterangan Ijin Usaha dari Pemerintahan setempat, NPWP, SIUP dll.

▪ Manfaat Deposito BSM
Sementara itu, manfaat dari seseorang berinvestasi dalam bentuk deposito di Bank Syariah Mandiri, antara lain :

1. Dana yang tersimpan dalam deposito terjamin aman. Uang anda dijamin aman oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS).

2. Uang deposito disalurkan pada sektor perjuangan yang halal. Hal ini sesuai dengan prinsip hukum Islam mengenai tata cara ekonomi yang tidak boleh bersifat haram atau bertentangan dengan hukum islam

3. Return tinggi. Keuntungan bagi hasil dari deposito BSM lumayan tinggi dibandingkan bank syariah dan konvensional lain.

4. Deposito di bank syariah mampu bangun diatas kaki sendiri bisa diperpanjang secara otomatis. Sehingga memudahkan nasabah dalam melaksanakan perpanjangan deposito tak perlu datang ke bank. Karena otomatis diperpanjang bila pada dikala jatuh tempo uang pokok deposito tak dicairkan.

5. Jaminan. Manfaat terakhir dari deposito BSM ialah bisa dijadikan agunan bagi akomodasi pembiayaan perjuangan di sebuah bank

Pengalaman Deposito di Bank Syariah Mandiri
Suatu hari keluarga kami memiliki uang sebesar Rp 80 juta. Uang tersebut didapatkan hasil penjualan kebun di kampung seluas satu hektar. Di atas lahan kebun dijadikan usaha ternak sapi, kambing dan domba. Uang sebesar Rp 80 juta dibagi secara adil. Penulis, adik dan kakak masing-masing diberi oleh orangtua tercinta sebesar Rp 10 juta. Uang sebesar 30 juta rupiah dibelikan hewan kambing, domba dan sapi untuk dijadilan hewan kurban pada dikala idul adha mendatang. Sedangkan sisanya sebesar Rp 20 juta digunakan untuk bayar utang orangtua sehabis melaksanakan ibadah umrah.

Pada kakak tercinta, ibunda memerintahkan uang santunan gratis itu disimpan dalam bentuk deposito di Bank Syariah Mandiri. Kemudian kami mendatangi kantor bank syariah mampu bangun diatas kaki sendiri cabang cimahi. Dan mengambil nomor antrian adegan customer service. Tak lama kemudian nomor antrian dipanggil. Tanpa panjang lebar kami mengungkapkan hendak membuka deposito di BSM.

Ketika ditanya apakah sudah mempunyai rekening di Bank Syariah Mandiri, kami geleng kepala. Lalu kakak tercinta membuat rekening gres di BSM sebagai salah satu syarat investasi deposito di Bank Syariah Mandiri. Setelah mengisi aplikasi pengajuan deposito, lalu kakak menerima bukti pemilikan deposito dalam jumlah Rp 10 juta dengan jangka waktu enam bulan.

Adapun pengalaman penulis sendiri ketika berinvestasi deposito di bank Muamalat yang return perbulan kecil, kemudian mengalihkan dana ke deposito di Bank Syariah Mandiri dengan jangka waktu satu tahun. Deposito sebesar Rp 10 juta bisa menunjukkan keuntungan bersih sebesar Rp 500 ribu per tahun.

Keuntungan Deposito Syariah di Bank Syariah Mandiri Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown