Selasa, 19 September 2017

Cara Mendapatkan Pinjaman Modal Usaha Syariah, Mudah dan Cepat

Salah satu hal yang paling diharapkan dalam memulai sebuah perjuangan ialah modal berupa uang dan keahlian. Namun seringkali yang menjadi hambatan menjalankan sebuah urusan ekonomi dipermulaan perjuangan ialah ketiadaan modal perjuangan uang. Oleh alasannya ialah itu, pengusaha pemula melaksanakan aneka macam upaya untuk menerima modal perjuangan gratis maupun dukungan lunak. Seperti memperoleh dukungan bank konvensional, dukungan modal perjuangan dari pemerintah, dana hibah gratis hingga dukungan dari bank syariah tanpa jaminan.

Pinjaman Modal Usaha Kecil Syariah
Para pelaku perjuangan kecil, mikro dan menengah (UKM) akan sangat sempurna untuk meminjam modal perjuangan di bank syariah. Hal ini bukan tanpa alasan. Ada banyak keuntungan meminjam modal perjuangan di perbankan sistem syariah ketimbang bank konvensional, antara lain bank syariah tidak menerapkan sistem bunga melainkan sistem bagi hasil. Sehingga lebih menguntungkan pihak debitur dan lebih adil. Selain itu, transaksi keuangan di bank syariah lebih terjamin halal karena sesuai prinsip syariah dan berkah dunia akhirat. 

Keuntungan lain dari meminjam modal perjuangan di bank syariah ialah fasilitas yang didapatkan. Hal ini tergambar pada cerita kasatmata ini. Pada suatu hari penulis rajin menyetorkan uang tabungan di bank Muamalat. Setiap bulan selalu rutin menabung sebagai bekal di masa pensiun. Kemudian sang teller menyampaikan penulis aneka macam dukungan modal usaha. Kala itu, penulis menolaknya dengan alasan tak mempunyai sebuah urusan ekonomi yang telah dijalankan. Karena status masih sebagai seorang karyawan swasta.
modal usaha, modal perjuangan syariah, cara dapat modal usaha

Berdasarkan pengalaman, bank syariah lebih tahan terhadap krisis ekonomi dan moneter. Ketika tahun 1998 terjadi krisis moneter yang menimbulkan banyak bank konvensional dilikuidasi karena gulung tikar. Sebaliknya bank syariah dapat bertahan dengan terus berkembang pesat. Hal ini yang membuat bank syariah didirikan juga oleh orang Inggris di negaranya.

Sekarang sangat mudah kita jumpai bank-bank syariah di aneka macam sudut kota dan daerah. Seperti Bandung, Jakarta, Solo, Bogor, Tangerang, Bekasi, Depok, Tasikmalaya, Sumedang, Kediri dan kota besar lainnya pasti ada lembaga perbankan syariah. Misalnya Bank Muamalat, Bank Syariah Mandiri, Bank Mega Syariah, BRI Syariah, Bank Permata Syariah, BPR Syariah, BNI Syariah, Pegadaian Syariah, Bank Danamon Syariah, Baitul Maal Wat Tamwil dan lain sebagainya. Hal ini memudahkan calon debitur untuk memilih lembaga perbankan syariah yang cocok dengannya.

Pinjaman Modal Usaha KTA Syariah
Anda tentu sudah mengenal yang namanya KTA atau kredit tanpa agunan. Jenis dukungan tanpa jaminan ini digemari masyarakat Indonesia dan menjadi booming dalam beberapa kurun terakhir atau semenjak tahun 2012. Hal ini tak terlepas dari meningkatnya kebutuhan hidup sedangkan penghasilan terbatas yang membuat mengajukan pinjaman uang tunai dalam bentuk tanpa jaminan. Biasanya kredit tanpa agunan ini dipergunakan untuk keperluan yang sangat mendesak.

Salah satu rekan penulis yang bekerja di sebuah dealer sepeda motor Honda mengakui bahwa kredit tanpa agunan atau KTA sangat bermanfaat bagi seseorang saat ia memerlukan dana yang mendesak. Misalnya keperluan biaya pengobatan rumah sakit, biaya modal membuka usaha, dan lain sebagainya. Sehingga setiap orang dianjurkan memiliki kredit tanpa agunan untuk menjaga situasi darurat keuangan. Saat ini berdasarkan data dari Bank Indonesia pengguna dukungan uang tanpa jaminan melonjak tajam hingga naik 32 persen.  

Seiring dengan kemajuan jaman yang terus berubah dan dinamis maka perbankan syariah juga meluncurkan produk gres yang serupa yakni KTA Syariah. Sehingga bukan hanya bank konvensional yang mempunyai layanan produk kredit uang tanpa jaminan. Tapi perbankan syariah juga dilengkapi layanan produk dukungan uang tanpa agunan. Namun perbedaannya, KTA di bank syariah dalam bentuk produk pembiayaan yang bersifat produktif. Berbeda dengan kredit dukungan uang tanpa agunan di bank konvensional yang sering digunakan untuk kepentingan konsumtif dan bunga lebih besar dari biasanya.

Dari artikel di atas terang bahwa cara menerima dukungan modal usaha syariah secara cepat dan mudah melalui kredit tanpa agunan syariah. Selain itu, ada beberapa keuntungan bagi seseorang yang mengambil KTA syariah untuk modal usaha, antara lain:

▪ Non Bunga
Bank konvensional identik dengan bunga bank. Bank akan menerapkan tingkat suku bunga di awal kesepakatan transaksi. Tingkat bunga bank lumayan tinggi sehingga memberatkan para debitur terutama pelaku perjuangan mikro kecil dan menengah. Sedangkan bank syariah identik dengan bagi hasil yang adil dan halal berupa kesepakatan musyarakah, salam, ijarah, murabahah dan mudharobah.

▪ Pembiayaan Multiguna
KTA syariah bisa dipakai untuk aneka macam kepentingan pembiayaan perjuangan yang berdasarkan aturan agama Islam. Seseorang yang memerlukan uang tunai sebagai modal perjuangan bisa mengajukan kredit dukungan uang tunai tanpa jaminan syariah (KTA) di bank-bank syariah di seluruh Indonesia yang hampir semuanya sudah memiliki produk pembiayaan ini. Misalnya BNI Syariah, BRI Syariah, Bank Syariah Mandiri, Bank Muamalat dan lain sebagainya.

Selain bisa digunakan untuk keperluan menambah modal usaha, dukungan uang tunai dari bank syariah dapat pula dipergunakan untuk keperluan menunaikan ibadah haji dan umroh, membeli investasi logam mulia emas syariah, membeli tanah dan bangunan serta membeli kendaraan bermotor.

Pinjaman Modal Usaha BSM, BNI dan Muamalat
Salah satu bank bersistem syariah yang menyediakan layanan produk KTA ialah Bank Syariah Mandiri disingkat BSM dengan konsep Warung Mikro BSM. Pinjaman uang tunai tanpa agunan yang bisa didapatkan calon nasabah hingga limit Rp 100 juta. Adapun persyaratan menerima dukungan modal perjuangan syariah ini ialah karyawan tetap.

Selain Bank Mandiri Syariah, perbankan lain yang menyediakan pembiayaan produk dukungan uang tanpa jaminan ialah Bank Muamalat. Bank pertama sesuai syariat ini memberi nama produk ini dengan sebutan Kredit Modal Kerja Mikro Muamalat. Kredit yang diperuntukkan bagi perjuangan mikro kecil dan menengah serta koperasi di Indonesia. Adapun persyaratan dan cara menerima sangat mudah dan cepat.

Salah satu perbankan yang turut serta menyediakan dukungan uang tunai untuk modal perjuangan dan pengembangan urusan ekonomi secara syariah bagi perjuangan mikro kecil dan menengah ialah bank BNI Syariah. Bank terbesar di tanah air ini mempunyai aneka macam jenis produk pembiayaan yang meliputi wirausaha ib hasanah, Rahn Mikro dengan batas dukungan maksimal Rp 50 juta, Usaha Kecil ib hasanah, dan mikro ib hasanah dengan limit dukungan hingga Rp 500 juta. Anda bisa memilihnya sesuai kebutuhan.

Cara Mendapatkan Pinjaman Modal Usaha Syariah, Mudah dan Cepat
Sementara itu persyaratan dan cara menerima dukungan modal perjuangan syariah pada umumnya sama di tiap bank syariah, antara lain:

▪ Mempunyai perjuangan produktif yang telah berjalan selama kurang lebih satu tahun

▪ Mengisi aplikasi permohonan dukungan uang tunai untuk modal perjuangan syariah bisa dilakukan secara online maupun datang pribadi ke bank

▪ Melampirkan fotocopy KTP pemohon, suami isteri

▪ Fotocopy Pajak Bumi dan Bangunan (PBB)

▪ Fotocopy Buku Nikah dan Akta Kartu Keluarga

▪ Melampirkan data-data perjuangan menyerupai surat legalitas usaha

▪ Jika diminta jaminan maka agunan yang harus disertakan bisa berupa Sertifikat Hak Milik tanah, rumah, dan BKPB kendaraan beroda empat atau sepeda motor.

Setelah semua persyaratan umum dan syarat dokumen di atas telah dipenuhi maka anda tinggal mendatangi kantor bank syariah terdekat dengan rumah. Utarakan maksud dan niat kepada petugas satpam hendak mengajukan dukungan kredit uang tunai untuk modal usaha. Biasanya anda akan diarahkan menuju meja customer service. Setelah menerima nomor antrian tak berselang lama, anda akan dipanggil oleh pihak customer service untuk mengurusi proses pengajuan dukungan modal perjuangan syariah di bank bersangkutan. Anda bisa bertanya pribadi lebih banyak wacana dukungan modal perjuangan di bank tersebut.

Setelah semua berkas pengajuan pinjaman modal usaha anda diterima oleh pihak bank maka pihak surveyor bank syariah akan melaksanakan survey di lapangan dan dokumentasi. Berita disetujui tidaknya pengajuan modal perjuangan anda bisa diketahui paling lama 3 hari dan diberitahukan pribadi oleh pihak bank kepada nasabah melalui telepon. Apabila pengajuan kredit modal perjuangan disetujui pihak bank maka anda diharuskan menyetorkan sejumlah biaya administrasi. Setelah selesai dilakukan maka dukungan uang tunai dari bank pun akan cair melalui rekening bank pihak nasabah pembiayaan. 

Jika dukungan uang tunai atau modal perjuangan dari bank syariah cair maka anda bisa menggunakannya untuk keperluan perjuangan bisnis. Seperti membeli perlengkapan dan peralatan usaha, pembelian mesin usaha, pembelian stok barang dagangan, renovasi bangunan usaha, pembukaan cabang gres di tempat lain, dan  untuk keperluan membeli materi baku.

Yang perlu diperhatikan dalam cara menerima dukungan modal perjuangan syariah dengan cepat dan mudah ialah memilih jenis dukungan yang sesuai dengan urusan ekonomi perjuangan anda. Kemudian jangka angsuran diadaptasi dengan kemampuan pembayaran. Lalu kalau dukungan uang tunai dari bank syariah cair maka pembayaran angsuran bulanan harus dilakukan secara sempurna waktu. Supaya nama baik anda tetap terjaga dan tak termasuk dalam blacklist

Demikianlah cara menerima dukungan modal perjuangan syariah dengan cepat dan mudah. Semoga bisa memberi manfaat bagi Anda.

Cara Mendapatkan Pinjaman Modal Usaha Syariah, Mudah dan Cepat Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown